Tips Memilih Powerbank

Tips Memilih PowerbankTips Memilih Powerbank, Bagi kalian yang sering bepergian atau sering melakukan aktifitas diluar ruangan powerbank menjadi salah satu barang yang wajib dibawa untuk membatu ponsel atau gadget kalian agar tetap hidup. Powerbank sangat mudah untuk didapatkan ada banyak merk dan kapasitas powerbank yang beredar di pasaran. Berikut ini abang akan memberikan beberapa tips memilih powerbank agar kalian tak salah beli dan tertipu dengan powerbank palsu yang beredar di pasaran.

Tips Memilih Powerbank yang baik

  1. Sesuai Dengan Kebutuhan
    Powerbank memiliki berbagai macam kepasitas dari 2000 mAh hingga 20.000 mAh. Sebelum memutuskan untuk membeli powerbank ada baiknya kalian menyesuaikan dengan kebutuhan power dan jumlah gadget yang kalian miliki.
  2. Berat Powerbank
    Berhati-hatilah saat ingin membeli powerbank, belilah powerbank dengan merk yang sudah terpercaya atau membeli pada distributor resmi produk tersebut. Sebab kapasitas powerbank tidak mudah diukur, bisa jadi kapasitas yang tertulis tidak sesuai dengan kapasitas aslinya. Semakin besar kapasitas sebuah powerbank biasanya akan mempengaruhi bobot dari powerbank itu sendiri, jika kalian menemukan powerbank dengan kapasitas yang besar tapi bobotnya ringan perlu kalian curigai.
  3. Jumlah Port dan Maksimum Output Power
    Jika kalian memiliki lebih dari 1 gadget, smartphone ataupun tablet, sebaiknya kalian memilih powerbank dengan jumlah port lebih dari satu, umumnya powerbank dengan kapasitas lebih dari 5000 mAh menawarkan dua buah port charger serta output power 1,5A dan 2,1A. Perbedaan dua output power tersebut terletak pada daya yang dihantarkan dan akan berpengaruh pada lama waktu charge perangkat kalian. Port dengan output power 1,5A biasanya digunakan untuk mengisi dari smartphone dengan baterai dibawah 2000 mAh sedangkan port dengan output power 2,1A biasanya digunakan untuk mengisi table. Tapi ada baiknya kalian melihat output charger bawaan gadget kalian 1,5A atau 2,1A.
  4. Sertifikasi Produk
    Jangan pernah membeli powerbank yang tidak memiliki sertifikasi, baik itu SNI ataupun sertifikasi lain seperti UL Certification. Powerbank yang tidak memiliki sertifikat diatas artinya belum melewati uji standarisasi. Powerbank yang tidak memiliki sertifikasi juga bisa menandakan buruknya kwalitas dari powerbank itu sendiri dan bukan tidak mungkin bisa merusak gadget kalian.
  5. Garansi
    Powerbank dengan kwalitas yang baik biasanya menawarkan garansi 6 bulan hingga 1 tahun, terlebih lagi jika distributor powerbank memberi jaminan untuk pengembalian barang yang rusak.
  6. Fitur Keamanan
    Bagian paling penting dari sebuah powerbank yaitu keamanannya, tentu saja kalian tidak ingin terjadi sesuatu yang bisa membahayakan diri kalian saat menggunakan powerbank. Untuk itu, pilih powerbank yang memiliki fitur keamanan yang lengkap seperti :
    Over Charging Protection : Fitur ini secara otomatis akan memutus aliran listrik dari powerbank ke smartphone jika pengisian daya sudah penuh. Fitur keamanan satu ini sangat bermanfaat untuk Anda yang sering lupa mencabut ponsel saat mengisi ulang daya dengan power bank.
    Short circuit : Fitur ini akan melindungi gadget Anda dari penyebab kebakaran.
    Temperature protection : Fitur yang dapat mendeteksi tingkat kepanasan dan mencegah terjadinya kelebihan panas.

Itulah beberapa tips memilih powerbank, telitilah sebelum membeli dari pada menyesal dikemudian hari. Semoga bermanfaat untuk kalian.

Bang Jonai

si abang yang senang bereksperimen, traveling, fotografi dan teknologi serta membagikan pengalamannya untuk dijadikan informasi yang berguna dan bermanfaat di blog ini.

You may also like...

Leave a Reply