Setting Booster Digital SMATV

setting booster digital smatvSetting Booster Digital SMATV, kemaren abang telah membahas tentang Digital Video Broadcasting SMATV, nah kali ini abang akan berbagi bagai mana cara setting booster untuk DVB SMATV.

Baca Juga : Digital Video Broadcasting SMATV

Pertama-tama yang harus kalian ketahui adalah skema dari jaringan SMATV itu sendiri, Panjang kabel coaxial RG11 sangat berpengaruh pada setingan booster, semakin panjang kabel maka akan semakin besar gain pada booster. Jika diaplikasikan pada gedung bertingkan sebaiknya panjang kebel dibagi secara merata sebelum kembali di perkuat oleh booster perlantai. Untuk detailnya kalian bisa melihat gambar dibawah ini.booster smatv

Beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum melakukan setting booster digital SMATV

  1. Main line atau backbone jaringan SMATV sebaiknya menggunakan kabel RG-11, kenapa…!? kabel coaxial jenis ini lebih mampu untuk menampung lebih banyak data/sinyal dan jarak distribusi sinyal juga lebih jauh.
  2. Gunakan jack LNB yang berkualitas, kabel RG-11 memiliki tembaga yang lumayan besar pada bagian dalamnya serta kabel yang juga lebih besar dari RG-6 hal ini membuat kabel RG-11 susah untuk ditekuk atau dipasang sesuai dengan keingin kita pada booster, tidak jarang setelah pemasangan selesai jack LNB terkadang terlepas atau pecah karena mendapat tekanan dari kabel.
  3. Gunakan booster yang berkualitas, abang sarankan booster yang kalian gunakan cukup mempunyai 1 master input dan output serta 1 port untuk testing di masing-masing port master input dan output. (perhatikan gambar dibawah ini).
  4. Pastinkan kalian memahami skema/gambar instalasi jaringan SMATV pada bangunan. Ini sangat penting untuk mengetahui dimana titik awal, titik distribusi serta titik akhir dari instalasi.

Cara setting booster digital SMATV

Setting booster digital SMATV sebenarnya mudah, bahkan lebih mudah dari setting booster TV Analog, yang perlu di perhatikan hanyalah kecepatan putaran saat memutar gain, karena sinyal digital berbeda dengan analog sehingga saat gain tidak mecukupi (lose) gambar tidak tampil begitu juga jika gain berlebih (over) gambar tidak akan tampil. Berikut cara setting booster digital SMATV (studi kasus skema diatas).

  1. Pastikan booster yang digunakan yang berkualitas
  2. Setting booster master sampai keluar gambar pada booster lv. 2 (untuk cara ini kalian bisa memasang kabel main line / backbone langsung ke TV atau kalian bisa menggunakan port input testing yang ada pada booster.
  3. Setting booster lv. 2 sampai keluar gambar pada booster lv. 3 dengan jarak yang paling jauh dari titik booster lv. 2.
  4. Setting booster lv. 3 sampai keluar gambar pada titik akhir (TV client) pastikan titik akhir yang di test merupakan titik akhir terjauh dari booster.

Sementara itu dulu yang bisa abang bagikan kali ini, tulisan diatas merupakan pengalaman pribadi abang senditi semoga membantu kalian saat setting booster digital SMATV.

 

Bang Jonai

si abang yang senang bereksperimen, traveling, fotografi dan teknologi serta membagikan pengalamannya untuk dijadikan informasi yang berguna dan bermanfaat di blog ini.

You may also like...

Leave a Reply