Mengenal Shutter Count Kamera DSLR

shutter count dslrShutter count, bagi pengguna kamera DSLR istilah ini wajib untuk di ketahui, terlebih jika Anda ingin membeli kamera DSLR second, shutter count menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih kamera. Shutter count adalah jumlah perhitungan berapa kali shutter unit pada sebuah kamera terbuka lalu kemudian menutup saat proses pengambilan gambar oleh kamera. Dengan kata lain shutter count adalah jumlah foto atau gambar yang telah dihasilkan oleh sebuah kamera. Shutter count pada masing-masing kamera DSLR berbeda-beda walaupun masih dalam satu merk atau tipe yang sama. Berdasarkan hasil pencarian dibeberapa website, angka rata-rata shutter count untuk kamera DSLR adalah sekitar 100.000 – 300.000 kali.

Hubungan Shutter Count Dengan Masa Pakai Kamera DSLR

Shutter count sebenarnya tidak berhubungan dengan ketahanan/masa pakai shutter unit, memang banyak orang yang menentukan lamanya hidup sebuah kamera dari shutter count, hal ini timbul karena biasanya produsen kamera DSLR melakukan pengetesan mekanisme shutter unit atau yang biasa disebut shutter durability test. Contohnya ada kamera yang lolos tes sebanyak 50.000 kali, ada yang lebih dari 100.000 kali. Semakin canggih dan mahalnya sebuah kamera DSLR, biasanya angka hasil tes-nya semakin tinggi. Angka inilah yang dijadikan sebagai acuan ketahanan/masa pakai sebuah kamera DSLR, meski kurang tepat, tapi setidaknya kita mempunyai acuan untuk membeli sebuah kamera DSLR, terlebih lagi jika ingin membeli kamera DSLR second.

Hasil Shutter Durability Test sebenarnya tidak 100% pasti/benar, karena sebuah kamera belum tentu rusak meskipun sudah dipakai terus sampai melewati angka shutter durability. Sebaliknya, bisa jadi sebelum angka itu terlampaui, kamera bisa saja sudah rusak, karena di dalam kamera digital, bukan hanya mekanisme shutter unit saja yang berpengaruh langsung ke harapan hidup sebuah kamera, tapi banyak komponen eletronik lain yang menentukan.

Shutter unit kamera DSLR bisa di ganti dengan yang baru, tapi harga sebuah shutter unit cukup mahal. Meskipun telah diganti dengan shutter unit baru, shutter count tidak bisa kembali nol (Jika tidak di Reset menggunakan software khusus), karena shutter count hanya menghitung berapa kali shutter unit terbuka dan menutup saat proses pengambilan gambar oleh kamera DSLR.

Cara Cek Shutter Count

Shutter count bisa di cek dengan cara online dengan mengunggah file .jpg .raw dll atau dengan cara offline, menggunakan software yang bisa diunduh dengan gratis.

  1. Online dengan mengunggah file .jpg atau .raw anda ke website regex.info. Lihat cara cek shutter count secara online pada artikel “Cara Cek Shutter Count Nikon
  2. Offline dengan menggunakan software yang bisa diunduh gratis seperti : Opanda IExif 2 atau Canon EOS Camera Info v1.2.Lihat cara cek shutter count menggunakan software pada artikel “Cara Cek Shutter Count DSLR Canon

Sumber : ebelitung.com

Bang Jonai

si abang yang senang bereksperimen, traveling, fotografi dan teknologi serta membagikan pengalamannya untuk dijadikan informasi yang berguna dan bermanfaat di blog ini.

You may also like...

Leave a Reply