Instalasi Jessie Lite OS Pada Raspberry Pi 3

instalasi jessi lite os pada raspberry pi 3Singkat cerita abang lagi tertarik dengan yang namanya Raspberry Pi selain bisa digunakan untuk komputer edukasi, Raspberry Pi ini ternyata banyak fungsi lainnya bisa untuk VOIP Server, Unifi Controller, Media Server / Media Player, NAS (Network Attached Storage), Cloud Storage Server, CCTV (versi murah menggunakan webcam), Thin Client dan masih banyak lagi fungsi dan kegunaan dari Raspberry Pi ini. Pada artikel kali ini abang akan membagikan cara setup atau instalasi Jessie Lite OS pada Raspberry Pi 3 dan persiapan apa saja yang kalian butuhkan.

Persiapan Instalasi Jessie Lite OS Pada Raspberry Pi 3

  1. Raspberry Pi 3 (1 set dengan adaptor 5V 3A)
  2. Micro SD Card 4GB Class 10 atau lebih
  3. Download OS Jessie Lite
  4. Download Win32DiskImager

Booting Jessie Lite OS pada Raspberry Pi 3

  1. Extract file OS Jessie Lite kedalam SD Card menggunakan Win32DiskImager
  2. Masukkan SD Card ke Raspberry Pi kemudian nyalakan, proses booting tidak akan memakan waktu yang lama
  3. Login Raspberry Pi dengan username : pi dan password : raspberry

Frequently Asked Questions (F.A.Q.)

  • Question : Kenapa abang meng-install OS Jessie Lite, gak yang lainnya aja…?
    Answer : OS Jessie Lite paling banyak dipakai karena basic-nya Debian dan banyak aplikasi yang sudah support dengan OS ini.
  • Question : Kenapa versi lite, tanpa tampilan cuman command line aja…?
    Answer : Sementara abang gak perlu tampilan, cuman buat beban pada raspberry-nya, karena diperuntukan sebagai server bukan client, kalau untuk client (ada tampilan Desktop-nya) silahkan pake Jessie with pixel.
  • Question : Kenapa menggunakan adaptio 5V 3A (gede banget ampere nya…?)
    Answer : Raspberry Pi butuh daya minimal 5V 800mAh untuk hidup dan beroperasi normal jika kalian menggnakan harddisk, usb wifi dan lainnya yang menggunakan power dari raspberry pastinya power-nya akan sangat kurang, makanya butuh adaptor dengan Ampere yang lumayan besar biar gak kehabisan daya.
  • Question : Bisa gak menggunakan Micro SD yang bukan class 10
    Answer : Bisa aja, tapi akan terasa kurang performanya / lambat, OS dan applikasi ditaman pada Micro SD jadi kalian butuh micro SD dengan speed Read/Write yang mumpuni.

Sekarang raspberry pi kalian siap digunakan, kalian bisa mengkonfigurasi dan meng-install aplikasi raspberry kalian, mulai merubah host name, password, ssh port, keyboard dll dalam menu raspi-config yang akan abang bahas pada arktikel selanjutnya. Semoga artikel Instalasi Jessie Lite OS Pada Raspberry Pi 3 berguna untuk kalian yang baru belajar.

Sumber : raspberrypi.org

Bang Jonai

si abang yang senang bereksperimen, traveling, fotografi dan teknologi serta membagikan pengalamannya untuk dijadikan informasi yang berguna dan bermanfaat di blog ini.

You may also like...

1 Response

  1. 14/07/2017

    […] artikel sebelumnya abang sudah membahas instalasi Jessie Lite OS pada Raspberry Pi 3, sekarang abang akan membahas cara update Jessie Lite OS pada Raspberry Pi 3. Kenapa harus update […]

Leave a Reply