Foto Panorama 360 Derajat (VR360)

foto panorama 360 derajatFoto Panorama 360 Derajat, mungkin teman-teman sudah tahu tentang foto unik ini, foto yang bisa dilihat atas, bawah, kiri, kanan, depan, belakang dengan lengkap alias semua angel kelihatan seolah-olah kita berada pada lokasi tersebut. Sebenarnya jenis foto panorama 360 derajat ada berbagai mancam formatnya, salah satunya yang akan abang bahas adalah format Equirectangular atau foto tampilan 360° x 180° yang populer juga dengan nama full spherical panorama, atau dikenal juga dengan nama VR Photo (Virtual Reality Photography). Kalau teman-teman pernah lihat street view di Google Earth atau Google Maps, seperti itulah foto equirectangular yang akan kita bahas. Di bawah ini adalah contoh foto panorama 360 derajat yang sudah di ubah menjadi Interaktif Panorama 360 Derajat.

Interaktif Foto Panorama 360 Derajat

Interaktif Panorama 360 di atas dibuat dari gabungan 7 gambar yang disatukan dan bisa digeser-geser sesuai keinginan kita bahkan di zoom out dan zoom in pun bisa. Obyek gambar pun bisa bermacam-macam, bisa indoor atau outdoor bahkan sekarang aerial foto / foto udara juga ada dalam Panorama 360 Derajat. Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang peralatan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan foto panorama 360 derajat.

Kamera
Pada dasarnya semua jenis kamera bisa digunakan untuk membuat foto panorama 360 derajat ini, baik kamera handphone atau kamera pocket digital, kamera DSLR atau kamera mirrorless. Tapi paling umum (dan paling gampang) adalah menggunakan kamera DSLR dan kamera mirrorless. Untuk kamera DSLR dan kamera mirrorless, semakin besar sensornya maka semakin gampang proses pembuatan foto panorama dan bagus hasilnya.

Lensa
Lensa apapun bisa digunakan untuk membuat foto panorama. Namun lebih baik lagi jika menggunakan lensa dengan focal length yang kecil, dengan kata lain kalian harus menggunakan lensa wide. Dalam pembuatan foto panorama 360 derajat focal length pada lensa sangat penting, karena hal ini yang akan menetukan berapa banyak foto yang akan kalian ambil. Lensa kit DSLR pada umumnya menggunakan 18-55 mm. Kalau kamera DSLR atau mirrorless yang digunakan selain belum full-frame, maka kita perlu tahu berapa crop factor kamera tersebut. Biasanya kamera DSLR  atau mirrorless menggunakan sensor APS-C  dengan crop factor 1,6, jadi ketika menggunakan lensa 18mm pada kamera tersebut, maka focal length equivalennya adalah 1,6 x 18 = 28,8mm. Jadi, lensa 18 mm pada kamera yang tidak full frame seperti canon 60D atau 550D, field of view-nya sama dengan focal length 29 mm pada kamera full frame 5D atau 6D.

Panohead
Panohead adalah alat yang digunakan sebagai dudukan kamera ketika mengambil gambar 36o derajat agar tidak terjadi parallax. Apa itu parallax? Parallax adalah perbedaan perspektif gambar yang terekam kamera karena posisi pupil lensa kamera yang berubah. Parallax mengakibakan gambar sulit (atau bahkan gagal) untuk disatukan dalam software stitching. Panohead ini lumayan mahal harganya dan jarang yang jual di Indonesia.

Tripod
Tripod digunakan sebagai dudukan dari panohead, yang perlu diperhatikan adalah daya tampung beban pada tripod, semakin besar kapasitas load tripod semakin bagus digunakan, kalian harus menghitung berat panohead ditambah kamera dan lensa wide, saran abang beli tripod yang bagus harganya kisaran 1jt keatas.

Software
Ketika serangkaian gambar sudah diambil, maka harus disatukan menjadi sebuah gambar utuh. Maka dari itu dibutuhkan software khusus untuk menyatukan potongan-potongan gambar tersebut. Software yang paling mudah digunakan adalah PTGui. Sayangnya PTGui ini tidak gratis. Tapi jangan khawatir, banyak software sejenis yang gratis, meskipun tentu saja tidak sebagus yang berbayar, misalnya Hugin. Selain software untuk menyatukan gambar-gambar yang sudah kita ambil, kita juga perlu software khusus untuk melihatnya di komputer, biasanya abang menggunakan FSPViewer. Selain software stitching dan software viewer foto panorama 360 derajat, ada software yang digunakan untuk membuat panorama tour contohnya Pano2VR, Kolor Panotour dan lain-lain. Setelah di olah menggunakan software panorama tour, kalian bisa mempublikasiskan hasil karya kalian di web atau di blog pribadi seperti yang abang lakukan.

Mengenal foto panorama 360 derajat cukup samapi disini ya…! berikutnya akan abang bahas cara membuat foto panorama 360 derajat dan mambuatnya menjadi panorama tour.

Referensi bacaan lebih lanjut:
http://wiki.panotools.org

Bang Jonai

si abang yang senang bereksperimen, traveling, fotografi dan teknologi serta membagikan pengalamannya untuk dijadikan informasi yang berguna dan bermanfaat di blog ini.

You may also like...

38 Responses

  1. estu says:

    kalau gak ada panohead gimana bang ya?

    • Bang Jonai says:

      bisa menggunakan benang yang diikat pada lensa, trus dikasih bandulan biasa disebut teknik philopod… tapi cara kayak gitu lumayan sulit, karena harus menstabilkan bandulan… sering eror/hasil kurang maksimal saat menyatukan gambar…

  2. Kevin Adam says:

    Gan kalo misalnya udah jadi nih gambar 360 derajatnya terus cara ngeUplodnya ke blog atau web gimana…? kaya agan…? (Interaktif Panorama 360 Derajat)…?

  3. Kevin Adam says:

    gan kalo gambar 360 derajatnya udah jadi terus cara munculin ke website atau blog gimana caranya kayak agan?

  4. nanamg says:

    Mau tanya, selain ptgui & hugin apalagi ya? Syukur2 punya link downloadnya. Makasih banyak

    • Bang Jonai says:

      pake photoshop juga bisa gan, tapi biasanya hasilnya kurang maksimal, banyak yang memilih menggunakan PTGui karena lebih mudah dan banyak pluginnya gan… untuk link silahkan search di google “pake keyword bahasa inggris” biasanya ada yang menyediakan crackan tapi sering error kembali jadi trial. semoga membantu gan.. 🙂

  5. Rezi says:

    Bang, buat tutorny dong. Saya mau tau cara buat photo 360* kayak di web abng. Terimakasih

  6. Bang, nampilin view 360 kayak yg di web abang carany gmn ?
    Terimakasih

  7. itu agan tampilkan panorama di web nya pake ap??

  8. Rezi says:

    Abang pake yg free ap yg licenci ?
    Terimakasih

  9. Danang says:

    Abang tau tempat beli pano head yg harga miring di indonesia?

  10. Rezi says:

    Bang tau gak nama metode perpindahan 1 lokasi objek view 360 ke objek view yg lain. Terimakasih bang

    • Bang Jonai says:

      nama metodenya saya kurang tau gan… tapi orang biasanya bilang Virtual Tour 360 Degree, jadi bisa explore suatu tempat (tidak terbatas pada satu titik) kayak google street view, untuk bikinnya masing-masing software beda-beda tapi biasanya fasilitas ini udah ada di software (saya pake Pano2VR sama Kolor Panotour Pro

  11. andre says:

    Jd gan skrg pakai lensa wide ukran berapa?

  12. andre says:

    Abang pakai lensa DSLR Merk & Type apa ?

  13. sedekh says:

    yang diatas bg buat pake software apa? kasih tutornya dong bg..

    • Bang Jonai says:

      contoh yang di atas pake PTGui dan Pano2vr… mudah-mudahan kedepan bisa bikin tutorial VR 360 gan… waktunya belum pas klo sekarang… 🙂

  14. andreendi says:

    klo pada pano viewer qt lht ke arah kaki tripod dan ada bolong hitam besar, itu gmna untuk ngilangin ?

  1. 23/01/2016

    […] Baca : Foto Panorama 360 Derajat (VR360) […]

Leave a Reply