Cara Konfigurasi Raspberry Pi

Pada artikel kali ini abang akan membahas cara konfigurasi raspberry pi, mulai dari nama host, password, ssh (untuk remote), setting memory untuk grafis dan setting keyboard layout. Beberapa settingan di atas sangat kalian butuhkan untuk memulai mengoperasikan raspberry kalian.

Langkah-langkah Konfigurasi Raspberry Pi

raspi-config
  1. Merubah / mengganti password
    (merubah / mengganti password raspberry pi untuk user : pi sesuai dengan password yang kalian inginkan, perlu diperhatikan akan lebih baik kalian mengganti konfigurasi keyboard terlebih dahulu sebelum mengganti password)
  2. Merubah hostname
    (hostname juga bisa kalian ganti sesuai dengan yang kalian mau, hostname merupakan nama perangkat kalian dalam jaringan)
  3. Membuka port SSH
    (port SSH digunakan untuk meremote raspberry pi kalian, tetapi terbatas hanya dalam mode command line)
  4. Setting memory untuk video grafis
    (alokasi memory untuk GPU kalian, jika raspberry pi dijalankan sebegai server maka alokasi memory sekitar 16-32MB sudah cukup)
  5. Setting Keyboard
    (pengaturan keyboard merupakan bagian yang sangat penting, dimana keyboard bawaan raspberry pi ini adalah UK bukan US, jadi kalian harus merubah keyboard)

Pada artikel berikutnya mungkin abang akan membahas cara setting IP address manual dan setting WiFi, semoga artikel kali ini bermanfaat buat teman-teman. Happy sharing.

cara konfigurasi raspberry pi

Bang Jonai

si abang yang senang bereksperimen, traveling, fotografi dan teknologi serta membagikan pengalamannya untuk dijadikan informasi yang berguna dan bermanfaat di blog ini.

You may also like...

1 Response

  1. 29/08/2017

    […] Setelah menginstal Jessie Lite OS segera konfigurasi (bisa lihat di postingan abang sebelumnya tentang cara konfigurasi raspberry pi) […]

Leave a Reply